Cute Deer Hearts

Monday, November 30, 2015

KBB #49 Cinnamon Buns


Daannn, saatnya laporan KBB lagi. Kasian blog ini yah, hanya diisi setiap ada laporan KBB saja :(
Janji deh mulai tahun depan akan lebih sering nulis di blog :)

Jadi tantangan KBB kali ini adalah cemilan yang pernah-sempat-masih ngetrend, Cinnamon rolls atau sering juga disebut Cinnamon buns.
  


Untuk cinnamon rolls ini sebenarnya saya sudah pernah buat. Bisa pakai resep roti apa saja kok. Tinggal digiling tipis, oles mentega cair, taburi bubuk kayu manis dan gula palem, digulung, potong-potong dan panggang deh. Waktu itu saya pakai resep no knead bread yang bisa dilihat disini. Kalau mau buat roti yang cepat tanpa perlu membentuk-bentuk, model rolls seperti ini cepat dibuat loh :)



Saya buat resep ini 2x. Yang pertama saya menggunakan tepung terigu cap kunci biru dari Bogasari Tepung terigu cap kunci biru ini protein rendah ya. Sementara di resep ini diminta menggunakan tepung terigu all purpose atau protein sedang, yaitu misalnya cap segitiga biru dari Bogasari, tapi karena ternyata di rumah hanya ada cap kunci biru ya sudah pasrah saja dengan yang ada. Hasil adonannya baguuss sekali, lembut sekali. Sayang saat memanggang saya ga sabar, suhu belum panas sekali, sudah saya masukkan ke oven, jadilah waktu pemanggangan menjadi lamaa, dan roti menjadi keras :(

Percobaan kedua

Percobaan pertama

Percobaan kedua saya ke supermarket dulu untuk mencari tepung terigu protein sedang seperti yang diminta resep. Saya lupa merk tepung yang saya beli, bukan dari Bogasari karena kebetulan tepung Bogasari sedang kosong. (Postingan ini tidak mengandung iklan ya. Pure hanya mencatat apa yang saya gunakan). Hasil adonannya tidak selembut adonan pertama karena jenis protein dari tepung terigunya pun berbeda, tapi tetap empuk. Kali ini pemanggangan sukses dengan suhu yang tepat. Hasil jadinya enaaakk dan lembuutt. Satu potong tak akan cukup!


                                  

Jadi ini resepnya ya. Dikutip dari KBB.

Cinnamon Buns (Cold Fermentation)
Sumber: Peter Reinhart's Artisan Bread Every Day

Teknik cold fermentation membutuhkan persiapan adonan dan waktu pemanggangan yang berbeda sehingga time management dalam pembuatan cinnamon buns ini sangatlah penting.

Bahan
All-purpose sweet dough
6 1/4 cup (28 oz / 794 g) unbleached all-purpose flour (saya: tepung terigu cap kunci dan satu lagi lupa merk apa, bukan produksi bogasari)
2 sdt (0.5 oz / 1 g) garam, atau 1 sdm kosher salt kasar (saya: garam biasa)
6 sdm (3 oz / 85 g) gula (saya: 8 sdm pada percobaan ke-2)
5 sdt (0.5 oz / 15.5 g) ragi instan (saya: merk fermipan)
2 cup + 2 sdm (17 oz / 482 g) susu full cream / low fat hangat kuku (sekitar 95F atau 35C) (saya: susu bubuk yang dicairkan dengan air hangat)
1/2 cup (4 oz / 113 g) minyak sayur atau unsalted butter cair (saya: minyak sayur)
parutan kulit dari 1/2 lemon, atau 1 sdm ekstrak lemon, atau 1/2 sdt minyak lemon (opsional) (saya: parutan jeruk nipis dan perasan jeruk nipis)

Topping
3 sdm (1.5 oz / 43 g) kayu manis bubuk
3/4 cup (6 oz/  170 g) gula
butter cair atau minyak sayur, untuk mengolesi (saya: butter cair)
1 cup (6 oz / 170 g) kismis, atau secukupnya (opsional) (saya: sebagian menggunakan butter cair - kayu manis bubuk - gula palem dan/atau gula bubuk; sebagian menggunakan butter cair - chocolate chip - keju parut)
1 cup (5 oz / 142 g) walnut atau pecan cincang atau secukupnya (opsional)

Cream cheese frosting
4 ons (113 g) cream cheese
1/2 cup (2 oz / 56.5 g) unsalted butter cair
1 cup (3 oz / 85 g) gula halus diayak
1 sdt (0.25 oz / 7 g) ekstrak lemon atau ekstrak jeruk, atau 1 sdt (0.25 oz / 7 g) jus lemon / jeruk
sedikit garam

White fondant glaze (saya: skip)
4 cup (12 oz / 340 g) gula halus, diayak
2 sdm (1.5 oz / 43 g) light corn syrup (opsional)
1 tsp (0.25 oz / 7 g) vanilla, lemon atau ekstrak jeruk, atau 1 sdm (0.75 oz / 21 g) jus jeruk konsentrat (opsional)
1/2 hingga 3/4 cup (4 - 6 ons / 113 - 170 g) susu atau air

Langkah:
Langkah awal persiapan adonan
1. Untuk membuat adonan, campur tepung, garam, dan gula dalam mangkuk. Kocok ragi ke dalam susu hingga larut, lalu tuangkan ke campuran tepung, bersamaan dengan minyak dan lemon. Jika menggunakan mikser, aduk menggunakan paddle attachment kecepatan terendah selama 30 detik s/d 1 menit. Adonan harus membentuk bola besar. (saya: menggunakan mikser roti)


2. Beralih ke hook attachment, aduk dengan medium-low, atau jika dengan tangan aduk selama 4 menit, sambil ditambahkan tepung atau susu sehingga membentuk adonan bola yang lembut dan agak lengket.
3. Tingkatkan kecepatan menjadi medium. Aduk selama 2 menit atau tambah aduk lagi selama 2 menit lagi, sampai adonan sangat lembut, kenyal, tapi tidak lengket.
4. Pindahkan adonan ke permukaan meja kerja yang ditaburi sedikit tepung dan uleni adonan selama 1 menit, kemudian bentuk menjadi bola.


5. Pindahkan adonan ke mangkuk besar yang cukup menampung adonan membesar dua kali lipat, olesi permukaan adonan dengan sedikit minyak. Tutup plastik, dan simpan dalam kulkas semalaman atau sampai maksimal 4 hari.


Langkah saat hari pemanggangan
1. Keluarkan adonan dari kulkas sekitar 3 jam sebelum anda berencana untuk memanggang. Bagi adonan menjadi 2 batian dan bentuk masing-masing bagian menjadi bola. Tutupi setiap bola dengan mangkuk atau bungkus plastik dan biarkan istirahat selama 20 menit.



2. Taburi permukaan meja kerja dengan sedikit tepung, gulung setiap bola adonan menjadi persegi panjang 12 x 15 inch, gilas mulai dari pusat ke sudut dan kemudian gilas ke bagian luar. Jika adonan mulai menolak atau menyusut kembali, biarkan istirahat selama 1 menit, kemudian lanjutkan menggilas. Ketebalan adonan harus antara 1/4 sampai 1/2 inch.

3. Buat gula kayu manis dengan mencampur kayu manis bubuk dan gula. Olesi permukaan adonan dengan mentega cair, lalu taburi gula kayu manis di atas permukaannya, sisakan bagian pinggir adonan sepanjang 1/4 inch tanpa gula. Taburi kismis, walnut / pecan cincang di atas permukaannya. Gulung adonan seperti karpet, bergulir dari bagian bawah ke atas, untuk membentuk gulungan ketat.


4. Potong gulungan menjadi irisan setebal 1 inch dan pindahkan ke loyang yang sudah dialasi parchment paper, pisahkan masing-masing gulungan dengan jarak 1 1/2 inch; mereka harus bisa saling bersentuhan ketika adonan mengembang. Olesi tipis permukaan dengan minyak dan tutup longgar dengan plastik, kemudian biarkan mengembang pada suhu kamar selama sekitar 2 jam, sampai adonan mengembang dan roti bersentuhan satu sama lain.

Diberi tanda dulu supaya hasil potongnya sama besar

Uhlalaaa chocolate chipnyaaa..




5. Panaskan oven pada suhu 350F (177C) sekitar 15 menit sebelum memanggang.


6. Panggang selama 10 menit, kemudian putar loyang dan panggang kembali selama 5 - 15 menit hingga roti coklat keemasan. Sementara itu, buat topping sesuai selera anda.


7. Selamat menikmati buns yang sudah diberi glazur.

Cream cheese frosting
Campur cream cheese, butter, gula halus dalam mangkuk. Jika menggunakan mikser, gunakan paddle attachment dan campur dengan kecepatan terendah selama 2 menit. Jika pencampuran dengan tangan, aduk selama 2 - 4 menit. Bahan - bahan harus merata dan halus. Tambahkan vanili, ekstrak lemon dan garam. Aduk dengan kecepatan sedang, atau jika dengan tangan aduk selama sekitar 1 menit, hingga bahan membentuk pasta halus. Tingkatkan kecepatan hingga medium - high atau aduk lebih keras selama sekitar 20 detik untuk mengembangkan glazur. Setelah roti didinginkan selama 5 menit, gunakan spatula offset atau pisau meja untuk memberi glazur yang diinginkan. Simpan glazur yang tidak terpakai dalam wadah kedap udara di dalam lemari es, dapat bertahan hingga 2 minggu.

White fondant glaze
Campur gula halus, corn syrup, dan vanili. Masukkan susu bertahap, cukup untuk membuat glazur kental seperti adonan pancake, atur jumlah cairan maupun gula hingga mencapai kekentalan yang diinginkan. Glazur kental akan bertahan bentuk, glazur encer akan mudah diolesi. Idealnya glazur jika dari ujung sendok akan membentuk aliran. Buns dapat diglazur setelah didinginkan selama 5 menit.


Menurut selera saya dan keluarga, adonan roti ini kurang manis. Hal ini wajar karena memang seharusnya roti ini dimakan dengan glazur di atasnya. Saya tidak membuat white fondant glaze, hanya membuat cream cheese frosting. Karena itu untuk percobaan kedua, adonan roti saya tambahkan kadar gula dari 6 sdm jadi 8 sdm. Hasilnya sudah cukup manis untuk saya dan keluarga.

Untuk gula kayu manis, sebagian gula palem saya ganti dengan gula pasir karena pada percobaan pertama terasa tawar (saya kira-kira saja buatnya, tidak ditimbang).


Kesimpulannya, resep ini cukup recommended loh. Simpel dan hasilnya empuk. Tahap-tahap pembuatannya memang berkesan panjang dan ribet, tapi setelah dicoba ternyata tidak serumit itu :)




Love,
Marieska

No comments:

Post a Comment